Friday, March 29, 2013

Analisis Survey Psikologi

Posted by Unknown at 1:59 AM

Berdasarkan tugas mata kuliah psikologi yang diberikan pada tanggal 27 Maret 2013, kami diberikan tugas untuk membuat survey yang teridiri dari beberapa pertanyaan. Judul dari survey yang saya kerjakan adalah “Seberapa Penting Pengaruh Psikologi bagi Dunia Teknologi. Survey yang saya buat ditujukan bagi para Mahasiswa Teknologi Informasi. Kuisioner saya terdiri dari 8 pertanyaan yang berhubungan dengan pengaruh psikologi bagi dunia IT.
Hasil survey saya akhiri pada tanggal 28 Maret 2013 dengan total responden 42 mahasiswa TI USU. Adapun penjelasan dari survey yang saya lakukan tertera di bawah ini :

Pertanyaan I : 
Apakah menurut anda psikologi itu?

Respon :
Jawaban dari para respoden yang saya terima menjawab dengan jawaban yang hampir sama. Psikologi itu merupakan ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan manusia, pola pikir, karakter, perasaan, dan tingkah laku manusia.



Pertanyaan I I :
Menurut anda apakah penting jika ilmu psikologi diterapkan dalam salah satu mata kuliah di jurusan teknologi informasi? Jawab dengan skala 1-5.

Respon :
Jawaban dari responden ditampilkan pada grafik dibawah :


Keterangan grafik :
1 : 0      0%
2: 0      0%
3: 10    24%
4: 21    51%
5: 10    24%


Dari grafik diatas para responden lebih memilih skala 4.

Pertanyaan I I I :
Sesuai dengan jawaban skala diatas, jelaskan alasan anda atas skala yang anda pilih

Respon :
Jawaban dari para responden sangat beragam. Berdasarkan grafik diatas para responden banyak memilih skala 4 (penting). Alasan para responden karena kita perlu mempelajari ilmu psikologi untuk mengetahui perilaku seseorang, cara berperilaku yang benar dan baik ketika berhadapan dengan klien dan kita juga dapat membaca karakter dari klien yang kita hadapi. Ada juga responden yang mengatakan bahwa ilmu psikologi dapat membantu kita sebagai orang IT untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan user, karena user belum tentu mampu mengungkapkan secara verbal apa sebernarnya kebutuhan yang diinginkan, sehingga kita harus mampu memprediksinya dengan ilmu psikologi yang kita miliki.

Pertanyaan IV :
Apakah menurut anda pelajaran psikologi bermanfaat bagi mahasiswa teknologi informasi?

Respon :
Jawaban dari responden ditampilkan di bawah ini :
Keterangan grafik :
Ya       41   98%
Tidak    1     2%

Pertanyaan V :
Sesuai jawaban pertanyaan diatas, jelaskan alasan anda atas jawaban yang anda pilih

Respon :
Jawaban para responden sangat beragam. Kebanyakan para responden menjawab dengan maksud yang hampir sama yaitu agar kita mengerti bagaimana cara berkomunikasi yang baik kelak, cara berperilaku yang baik dan benar. Mengingat dunia teknologi informasi sangat berkaitan dengan komputer yang tidak sedikit sering disalahgunakan. Ada juga beberapa responden yang menjawab pelajaran psikologi bermanfaat agar kita mengetahui bagaimana cara berinteraksi yang baik dan benar dengan client yang akan kita hadapi di dunia kerja kelak.

Pertanyaan VI :
Menurut anda, topik apa saja dalam ilmu psikologi yang paling sesuai dipelajari oleh mahasiswa teknologi informasi?

Respon :
Jawaban atas pertanyaan ini beragam. Namun, para responden lebih banyak memilih sensasi dan persepsi, teori belajar, kepribadian, human interaction untuk dipelajari oleh mahasiswa teknologi informasi.

Pertanyaan VI I :
Apakah dengan mempelajari ilmu psikologi dapat mempengaruhi perilaku mahasiswa teknologi informasi?

Respon :
Jawaban para responden ditampilkan pada grafik dibawah :

Keterangan grafik :
Sangat mempengaruhi       30  71%
Biasa saja                             12  29%
Tidak mempengaruhi           0   0%

Pertanyaan VI I I :
Jelaskan pendapat anda atas pilihan yang anda pilih dari pertanyaan diatas.

Respon :
Jawaban dari para responden cukup beragam. Dengan mempelajari ilmu psikologi, kita dapat mengetahui bagaimana perilaku yang baik dan benar, kita dapat mempelajari bagaimana kepribadian atau kejiwaan seorang manusia yang baik dan benar, dapat memperbaiki perbuatan yang buruk menjadi baik. Selain itu menurut beberapa responden dengan adanya pembelajaran ilmu psikologi di jurusan TI, maka para mahasiswa TI akan semakin mengerti bagaimana seharusnya membuat suatu sistem yang baik dan benar serta tidak merugikan masyarakat, Dengan mempelajari psikologi kita dapat mengatur batasan-batasan yang disebabkan oleh dampak teknologi informasi pada kehidupan kita, agar tidak terlalu terseret arus modernisasi, dan kita dapat memahami apa yang dibutuhkan oleh orang banyak dalam pemanfaatn aplikasi IT yang telah kita ciptakan. Namun disamping itu, ada beberapa responden yang menjawab bahwa hal tersebut kembali kepada setiap individu.


Kesimpulan Analisis Secara Keseluruhan


Psikologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pola pikir, perasaan, karakter, dan kejiwaan seorang manusia dalam kehidupannya sehari-hari. Sebagai mahasiswa TI, ilmu psikologi juga perlu dipelajari dengan baik. Ilmu psikologi yang dipelajari tersebut diharapkan mampu menjadi pedoman bagi para mahasiswa IT untuk kegunaan di masa depan. Misalnya saja dalam menghadapi klien, kita harus pandai membaca karakter dari klien yang kita hadapi sehingga kita lebih mudah mengambil suatu keputusan yang baik, benar, dan tepat sasaran.
Untuk memenuhi manfaat yang diperlukan para mahasiswa Teknologi Informasi kelak, maka perlu dipelajari human interaction, teori belajar, kepribadian dalam ilmu psikologi di jurusan Teknologi Informasi, Dengan adanya survey ini saya dapat menyimpulkan bahwa kebanyakan para responden memilih dan memutuskan bahwa ilmu psikologi perlu dan penting dipelajari di jurusan Teknologi Informasi.


Testimoni :
Suatu pengalaman yang baru bagi saya untuk membuat sebuah survey. Saya sangat mengalami kesulitan pada saat membuat survey saya sendiri. Rasa kebingungan pun menghampiri, namun akhirnya berkat bantuan teman-teman akhirnya survey yang saya kerjakan telah selesai dan banyak responden yang bersedia menyediakan waktu luangnya untuk mengisi kuisioner saya.

Dengan adanya survey online tersebut, menurut saya proses pengambilan keputusan akan lebih mudah diambil. Dengan survey online, kita dapat menghemat waktu dan tenaga. Hanya dengan mengklik link dari kuisioner maka kita akan langsung dapat mengambil keputusan dari jawaban para responden. Sungguh menyenangkan saya mendapat pembelajaran yang baru yang dulunya tidak pernah terpikirkan oleh saya untuk membuat survey online tersebut. 

0 comments on "Analisis Survey Psikologi"

Post a Comment