Thursday, March 14, 2013

GALAU!!

Posted by Unknown at 11:28 AM

Di jaman sekarang ini banyak banget kata GALAU bertebaran dimana-mana. Tiap saat pasti ada aja yang bilang  "aduh gue sedang galau ni". Dan pastinya ga menutup kemungkinan dong ya kalo kalian dan saya sendiri bisa ngalamain yang namanya GALAU. Kalau udah galau bawaannya pasti malas banget kan ya. Beberapa hari yang lalu saya juga ngalamin galau karena beberapa hal yang mengakibatkan saya jadinya badmood dan akhirnya membingungkan orang di sekitar saya. Aneh banget ya dampak menggalau ini ya. Biasanya ni menggalau banyak terjadi di kalangan remaja kan ya. Sebenarnya apa sih itu GALAU?

Galau yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai hubbub  merupakan suatu kondisi di mana diri kamu sedang merasa kacau, merasa tidak karuan, dan gelisah.Biasanya kondisi GALAU ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti : mendapatkan nilai ujian/kuis yang buruk, mendapatkan tugas yang ajaib benar soalnya, atau kalau lagi putus cinta (so pasti), bisa memicu kamu dalam waktu sedetik saja berubah menjadi GALAU.

Ada beberapa faktor penyebab galau :
  1. Kurang Berteman
    Bayangin kalo kita lagi galau sama tugas atau masalah love hehe, dan kita gak punya temen untuk berbagi cerita untuk sekedar melupakan masalah kita atau minta solusi sama temen atau sahabat kita. Bisa dipastiin deh kalau kita bakal ngalamain ni penyakit galau. Karena kalo kita gak punya banyak temen otomatis kita bakal merasa sendiri di dunia ini, tanpa ada yang peduli sama sekali sama kita.
  2. Jarang Ibadah
    Nah, kalau kita jarang ibadah secara psikologis kita akan merasa kurang nyaman dan aman, karena ketika kita beribadah kita secara tidak langsung mempunyai tempat untuk bergantung dari semua masalah yang lagi kita hadapi, yaitu kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Tayangan Media 
    Tayangan seperti sinetron atau reality show cukup punya kontribusi bikin kita galau. Contohnya kita lagi nonton sinetron yang isinya itu anak kecil masih SMP, yang ceritanya itu udah pacaran, hidupnya buat cinta doang, dan minim prestasi. Otomatis kalo misalnya kita yang lagi jomblo bisa aja kita jadi berpikir “waduh anak kecil aja udah pacaran, masa aku belom dapat juga. Nah mulai deh galau kembali jadinya hehe.
Nah waktu googling aku dapat informasi mengenai ciri-ciri orang yang lagi galau :
  1. Resah
    Dia merasa di hidupnya itu ada yang kurang, tapi dia gak tahu itu apa pastinya.
  2. Suka mengeluh
    Kebanyakan orang yang lagi galau itu sering banget ngeluh, apalagi di social media. Bagi kalian pengguna Twitter pasti gak jarang liat timeline dari temen kalian yang isinya suka ngeluh.
  3. Suka membiarkan masalah diumbar ke publik
    Ciri yang ini sangat kental banget di social media, karena perkembangannya sehingga penggunanya merasa kalau dia harus kasih tahu ke semua orang kejadian apa yang baru dia alami atau rasain. Kebanyakan dari mereka gak peduli kalo orang lain tahu masalah mereka dan biasanya mereka akan cenderung dapat membuat banyak status baru dalam waktu seperdelapan detik haha. Selebihnya orang yang lagi galau biasanya akan sangat sering muncul di social media, bukan karena dia aktif untuk berkomunikasi, tapi untuk menyebarkan kepada dunia sana kalau dia lagi bermasalah wkwkwk.
Nah untuk mengatasi kegalauan ini ada beberapa tips :
  • Mengontrol frekuensi penggunaan social media. 
    Seperti yang udah dijabarkan diatas mengapa social media bisa buat galau maka gunakan lah social media seperlu kalian, yang penting untuk komunikasi, selanjutnya batasi hal-hal apa saja yang akan kalian tulis di status kalian, upayakan supaya status kalian tidak mengumbar masalah pribadi, menyinggung pihak tertentu apalagi berkaitan dengan SARA.
  • Banyak berteman. 
    Memiliki teman yang banyak mungkin bisa menghindari kita dari stres, karena dengan banyak berteman maka hidup kita  gak akan pernah sepi lagi.
  • Mengikuti banyak kegiatan. 
    Kalo kita punya sejubel kegiatan pastinya setiap masalah akan terlewati deh. Karena kegalauan itu datang kalau kita lagi diam dang bengong akhirnya ya kepikiran terus dong ya.
  • Rajin Ibadah. 
    Kita harus yakin bahwa Tuhan pasti akan membantu kita untuk menyelesaikan semua masalah kita, jadi kita lebih baik berdoa daripada mengeluh terus.
  • Kurangi menonton sinetron atau reality show. 
    Sinetron sekarang cenderung banyak bodohin diri sendiri. Jadi kalau kita mau pintar untuk menghadapi semua masalah ya jangan nonton tayangan kayak gituan.
Kayaknya itu beberapa tips utama ya untuk menghindari kegalauan ini. Mungkin masih banyak beberapa tips lain, tapi setidaknya yang diatas sudah cukup mewakili dong ya. Makanya kita jangan mau galau-galau lagi deh hadapin aja masalah dengan senyuman dan banyak berdoa jangan mengeluh terus. Pasti semua masalah akan ada jalan keluarnya jadi jangan sering galau ya teman-teman :) 


0 comments on "GALAU!!"

Post a Comment